Sunday, May 6, 2012

Taukah Kamu Apa Rumput Tertinggi Di Dunia?

   Seharian kerja bakti di kebun. Panas siang ini tak terasa karena hasil kerjaku (lebay...^^). Setelah itu pandanganku tertuju pada bekas pohon-pohon bambu yang sudah ditebang beberapa bulan lalu. Hmmm.. cepat sekali bambu itu tumbuh ya.. Padahal nih, setiap minggu sudah di bakar lho. Bambu yang sudah kutebang habis, gak butuh waktu lama untuk tumbuh lagi. Bakar lagi...hehe..
   Akhirnya saya teringat akan murid saya yang kemarin tebak-tebakkan tentang apa sih rumput tertinggi di dunia?! Waktu itu saya gak bisa jawab. Hehe...jadi malu nih sama murid.. Tapi saya beri dia jempol untuk pengetahuannya. Lalu apa sih jawabannya ?? Mau tahu???

   Yaa..bambu adalah rumput tertinggi di dunia. Karena bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu adalah anggota keluarga rumput Poaceae. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam. Cina adalah produsen terbesar dari bambu, yang mana lebih dari sepertiga spesies tanaman asli daerah tersebut, ditumbuhi oleh bambu. Bambu banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, perabot, lantai, aksesoris, alat musik, kertas, makanan, serta dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit tertentu.
   Bambu adalah tumbuhan yang sangat serba guna. Coba bayangkan bila di dunia ini gak ada bambu?? wooww.. pasti kita akan kebingungan ya! apalagi kalau di zaman baheula. Bambu digunakan orang untuk mendirikan rumah sampai alat perjuangan. Dari yang sekecil tusuk gigi sampai yang segede rumah. Bambu juga banyak digunakan dalam bidang kesenian.Bahkan dalam bidang elektronik.
   Dari segi pelajaran hidup pun, apakah yang bisa kita pelajari dari sebatang bambu? Cobalah perhatikan akarnya. Ia menghunjam ke dalam bumi, kuat tetapi lentur. Mari kita lihat struktur pohonnya. Ketika masih muda dan pendek, ia tegak. Tetapi semakin tua dan tinggi, semakin dia merunduk. Lihatlah lingkungan sekelilingnya. Ia bisa tumbuh di semua tempat, bahkan yang paling gersang. Akar bambu menghunjam kuat karena ia adalah hasil dari proses yang panjang.


Semoga bermanfaat ya...

Related Posts

Taukah Kamu Apa Rumput Tertinggi Di Dunia?
4/ 5
Oleh

3 komentar

May 10, 2014 at 10:55 AM delete

Owh ,, ternyata bambu itu tergolong rumput juga yah.

Reply
avatar
May 10, 2014 at 10:56 AM delete

Saya baru tau ,, kalau bambu itu tergolong rumput.

Reply
avatar
May 10, 2014 at 10:57 AM delete

Nice posting deh ,, hehehe
saya suka artikel tentang rumput tertingginya ,, ternyata jawabannya adalah Bambu.
heheh :)

Reply
avatar

Berikan komentar anda..