Cara save "To save a file with these features, click No, and then choose a macro-enabled file type in the File Type list"

Kadang kala ketika kita ingin mengedit sebuah file aplikasi dalam bentuk microsoft excel, kita harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan kemauan kita. Dan kadang kala di dalam sebuah aplikasi, ada rumus yang menggunakan VB atau Visual Basic. Lalu ketika kita simpan, rumus tersebut akan hilang lagi.

Kemudian biasanya akan muncul tulisan seperti berikut "To save a file with these features, click No, and then choose a macro-enabled file type in the File Type list" ketika kita akan menyimpannya. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Jawabannya sendiri cukup jelas diterangkan, namun buat anda yang kurang mengerti bahasa inggris akan menjadi masalah tersendiri. Solusinya adalah anda harus meng-save as file tersebut dalam bentuk Macro-Enable Workbook. Dan bagi anda yang masih belum faham, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Klik No pada kolom tersebut. Atau apabila anda mengklik Yes, maka anda harus save as file tersebut.

 








2. Lalu anda save as dalam bentuk Macro-Enable Workbook















3. Selesai. File yang telah tersimpan tidak akan berubah kembali.

Semoga bermanfaat.

"A required CD/DVD drive device driver is missing" Laptop Lenovo G40 AMD A8

Mungkin akan pernah bingung ketika meng-install laptop yang baru beli menggunakan flashdisc. Sudah beberapa kali dicoba, selalu gagal. Selalu muncul tulisan "A required CD/DVD drive device driver is missing". Apa yang salah? Setting di BIOS kah?

Kalau diartikan secara bahasa, masalah di atas disebabkan laptop agan tidak bisa membaca driver dari Windows. Kalau agan nginstall menggunakan flashdisc, flashdisc agan nih gak kebaca gitu loh. Ternyata masalahnya sepele gan, itu masalah primary usb-nya gan. Solusinya tinggal agan pindahin ke colokoan USB yang lain. Insya Allah work. Kalo gak work, ya mungkin flashdisc agan rusak, atau colokan USB agan yang rusak.

Semoga bermanfaat.

Tokoh Pendidikan yang Hadir saat Proklamasi

Proklamasi Republik Indonesia terjadi tepat pada pukul 10.00 hari Jum'at Tanggal 17 Agustus 1945. Setelah bimbang untuk memerdekakan negara atau tidak, pak Sukarno dan pak Hatta akhirnya membacakan proklamasi di rumah Pak Sukarno, Jl. Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta.

Yang jadi pertanyaan adalah, siapakah tokoh pendidikan yang hadir pada saat pembacaan Proklamasi kala itu? Karena banyak pertanyaan mengenai tokoh pendidikan ini. Apakah Ki Hajar Dewantara?

Malam hari sebelum proklamasi, disusunlah teks Proklamasi. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti Melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti.

Tulisan yang saya kutip dari wikipedia di atas tidak menyebutkan nama K.H. Dewantara. Namun ada satu tokoh pendidikan yang hadir saat Proklamasi waktu itu. Dialah Trimurti.

Surastri Karma Trimurti (lahir 11 Mei 1912 – meninggal 20 Mei 2008 pada umur 96 tahun), yang dikenal sebagai 'S. K. Trimuti ', adalah wartawan, penulis dan guru Indonesia, yang mengambil bagian dalam gerakan kemerdekaan Indonesia terhadap penjajahan oleh Belanda. Dia kemudian menjabat sebagai menteri tenaga kerja pertama di Indonesia dari tahun 1947 sampai 1948 di bawah Perdana Menteri Indonesia Amir Sjarifuddin.

Semoga bermanfaat.
Sumber : wikipedia, google

Asal Mula Sebutan "KOMPENI" kepada Orang Belanda

Asal Mula Sebutan "KOMPENI" kepada Orang Belanda
Zaman penjajahan sudah lama berlalu. Namun masih banyak menyisakan sederet cerita penderitaan serta peperangan menuju kemerdekaan. Namun diantaranya banyak sekelumit cerita yang lucu untuk dijadikan pengetahuan kita. Misalnya sebutan KOMPENI kepada para penjajah. Berasal dari manakah sebutan ini?

Belanda datang pertama kali di Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Sejak saat itulah Belanda terus datang ke Indonesia dengan niat berdagang. Lalu akhirnya mereka mendirikan sebuah perusahaan di Indonesia yang berfungsi sebagai pengepul hasil bumi dari para petani. Perusahaan itu bernama Verenigde Oost Indische Compagnie atau biasa disebut VOC.

Lama-kelamaan VOC ini semakin ingin menguasai hasil bumi Indonesia. Dengan mengambil banyak tukang pukul dari rakyat pribumi (maklum dulu belum ada yang namanya nasionalisme), mereka mulai memaksa para petani menjual hasil buminya dengan murah. Semakin lama ketamakan VOC semakin menjadi-jadi. Mereka lalu memulai aksi penjajahan di bumi pertiwi. Sehingga banyak terjadi perlawanan di berbagai daerah untuk melawan KOMPENI ini.

Namun akhirnya VOC ini bangkrut dan akhirnya dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. Penyebabnya tidak lain karena korupsi para pejabatnya. Mungkin juga inilah mengapa para petinggi bangsa Indonesia biasa dengan korupsi yah?!

Lalu darimana sebutan KOMPENI itu berasal? Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC). Sebutan itu berasal dari kata Compagnie yang artinya perusahaan. Kalau kita rubah ke dalam bahasa Inggris, yaitu Company. Compagnie memang dibaca Kompeni. Akhirnya orang Indonesia memanggil penjajah dengan sebutan Kompeni. Lucu yah...:)

Semoga Bermanfaat

Asal Mula Kata "Sepur" (bahasa jawa)

Sepur dalam bahasa Jawa, artinya adalah Kereta Api. Kereta Api sendiri di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lalu bagaimana ceritanya Kereta Api dalam bahasa Jawa menjadi "sepur"? Yuk kita kembali ke masa lalu! 

Setelah Tanam Paksa diberlakukan oleh van den Bosch pada tahun 1825-1830, ide tentang perkeretaapian Indonesia diajukan dengan tujuan untuk mengangkut hasil bumi dari Sistem Tanam Paksa tersebut. Salah satu alasan yang mendukung adalah tidak optimalnya lagi penggunaan jalan raya pada masa itu. Akhirnya, pada 1840, Kolonel J.H.R. Van der Wijck mengajukan proposal pembangunan jalur kereta api di Hindia Belanda.

Kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1867 di Semarang dengan rute Semarang - Tanggung yang berjarak 26 km oleh NISM, N.V. (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) dengan lebar jalur 1.435 mm (lebar jalur SS - Staatsspoorwegen adalah 1.067 mm atau yang sekarang dipakai), atas permintaan Raja Willem I untuk keperluan militer di Semarang maupun hasil bumi ke Gudang Semarang. Kemudian dalam melayani kebutuhan akan pengiriman hasil bumi dari Indonesia, maka Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1876 telah membangun berbagai jaringan kereta api, dengan muara pada pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya. Semarang meskipun strategis, tetapi tidak ada pelabuhannya untuk barang, sehingga barang dikirim ke Batavia atau Soerabaja.

Kehadiran kereta api di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api di desa Kemijen, Jumat tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij" (NIS) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar spoor 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Nah, berdasarkan sedikit cerita masa lalu di atas, ternyata SEPUR itu berasal dari kata berbahasa Belanda SPOOR yang artinya Jalur. Mengapa orang jawa mamakai kata tersebut untuk sebutan Kereta Api? Karena kata SPOOR itu sendiri terdapat pada nama perusahaan yang membuat jalur rel kereta api di zaman dulu. Seperti misalnya orang Indonesia dulu kala menyebut orang Belanda dengan sebutan Kompeni.

Semoga bermanfaat.
Sumber : Wikipedia

Handphone Mati di Charge Masih Ada Tanda Baterai

Handphone Mati di Charge Masih Ada Tanda Baterai
Handphone bisa saja mati tanpa kita ketahui sebabnya. Biasanya yang sering ditemukan adalah handphone anda mengalami brick. Bisa itu soft brick ataupun hard brick. Namun kadangkala handphone bisa jadi tidak mengalami brick. Hp gak di root atau gak di otak atik tapi kok gak nyala? Kenapa? Ketika di charge pun masih ada gambar baterai yang di charge. Lalu apa yang salah?

Berdasarkan pengalaman ane kemarin, ternyata bukan handphone-nya yang rusak sehingga Hape mati namun gambar baterai di charge masih ada. Ternyata yang rusak adalah tombol POWER itu sendiri. Sehingga ketika dinyalakan, handphone tidak mau menyala. Suatu ketika setelah beberapa hari ane sambungin ke charger, tiba-tiba nyala nih handphone. Terus ane pencet tombol powernya, kagak mau. Jadilah ane tau kalau yang rusak tombol power. Untung saja belum dibuang nih handphone :D. Tinggal pergi ke tempat service atau bisa dibenerin sendiri buat yang hobi bongkar. Tutorial banyak di youtube.

Sekedar berbagi, semoga bermanfaat.

Cara Memainkan PSP dengan Game Hasil Download 2016

Kamu punya PSP? Sudah terupdate ke versi terbaru yaitu versi 6.61? File ISO untuk PSP tidak bisa dimainkan? Game ISO tidak bisa terdeteksi di PSP versi 6.61 kamu? Padahal sudah capcai download game untuk PSP.. hmm..

Yup memang PSP sudah tidak zaman lagi setelah berkembangnya teknologi Android yang gratisan plus game-gamenya buanyak. Tapi PSP yang sudah kita punya mau dikemanakan? Sayang rasanya kalau mau di simpan di gudang. Beli game secara online, bayar. Maunya yang gratisan kan? Yuk mari kita ambil laptop dan kita betulkan lagi PSP anda. 

Berikut langkah-langkahnya:

Download aplikasi 6.61 PRO-C F3
1. Buka aplikasi 6.61 Pro-C-f3 yang sudah kamu download tadi. Biasanya dalam bentuk rar. 
2. Lalu masuk ke dalam folder PSP seperti gambar di bawah:


3. Lalu masuk lagi ke folder GAME seperti gambar berikut:


4. Lalu kamu akan temukan 2 folder FastRecovery dan PROUPDATE seperti di bawah ini:


5. Lalu ekstrak kedua folder tersebut kedalam PSP-mu yang pastinya sudah tersambung ke laptop atau PC-mu. Simpan di dalam folder PSP - GAME. Itu yang digambar folder yang lain mah bekas yang dulu. Abaikan.



6. Lepaskan PSP-mu dari laptop atau PC, lalu masuk ke ke System Syorage di PSP-mu, lalu pilih PRO UPDATE.


7. Maka PSP-mu akan masuk ke booting dan akan muncul tampilan seperti di bawah. Maka untuk menjalankan CFW tekan x,


8. Maka PSP akan reboot dan lihatlah, semua game iso atau cso akan muncul. Siap dimainkan.


Tapi sayangnya tidak semua game berfungsi dengan baik. Ada game yang khusus PSP Vita maka tidak masalah dimainkan di PSP Vita. Tapi ketika dimainkan di PSP Go, akan ada saja masalahnya. Jangan patah semangat! Download yang banyak...hihi..Semoga kuota gak habis.

Jangan lupa untuk membeli game yang asli ya..

Semoga bermanfaat.
Sumber : Google

#PSPGO #GAMEPSP #ISO #CSO #UPLOADER