Sunday, February 12, 2012

NASA Menemukan Kehidupan Baru

   NASA telah menemukan bentuk kehidupan baru, sebuah bakteri yang disebut GFAJ-1. Bentuk bakteri ini sama sekali tidak mirip seperti makhluk hidup apapun saat ini di Bumi. Makhluk ini mampu menggunakan arsenik untuk membangun DNA, RNA, protein, dan membran sel-nya. Hal ini mengubah segalanya.


   NASA mengatakan bahwa ini adalah "kehidupan yang tidak kita kenal". Alasannya adalah bahwa semua kehidupan di Bumi terbuat dari enam komponen: Karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosforus dan belerang. Setiap makhluk, dari amuba terkecil sampai ikan paus terbesar, berbagi aliran hidup yang sama. Blok DNA kita semua sama.
   Pernyataan tersebut benar sampai hari ini. Dalam sebuah penemuan mengejutkan, ilmuwan NASA Felisa Wolfe-Simon dan timnya telah menemukan bakteri yang DNA-nya benar-benar asing bagi apa yang kita kenal sekarang, memiliki sistem yang berbeda dari semua organisme di planet ini. Alih-alih menggunakan fosforus, mikroorganisme yang baru ditemukan yang disebut GFAJ-1 dan ditemukan di Danau Mono, California ini menggunakan arsenik beracun untuk struktur tubuhnya.  
   Arsenik adalah elemen beracun bagi setiap makhluk hidup lainnya di planet ini kecuali untuk beberapa makhluk mikroskopis khusus. Arsen, arsenik, atau arsenikum adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol As dan nomor atom 33. Ini adalah bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik; kuning, hitam, dan abu-abu. Arsenik dan senyawa arsenik digunakan sebagai pestisida, herbisida, insektisida, dan dalam berbagai aloy. Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor, dan sering dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun. Ketika dipanaskan, arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik, yang berbau seperti bau bawang putih. Arsenik dan beberapa senyawa arsenik juga dapat langsung tersublimasi, berubah dari padat menjadi gas tanpa menjadi cairan terlebih dahulu.
   Menurut Wolfe-Simon, mereka tahu bahwa "beberapa mikroba bisa bernapas arsenik, tapi apa yang kami temukan adalah mikroba mempunyai cara baru dengan cara membangun struktur tubuhnya sendiri keluar dari arsenik." Implikasi dari penemuan ini sangat besar untuk pemahaman kita tentang hidup itu sendiri dan kemungkinan menemukan organisme di planet lain yang tidak harus menjadi seperti planet Bumi. Seperti NASA Ed Weiler mengatakan: "Definisi kehidupan baru saja diperluas." 
   Berbicara pada konferensi NASA, Wolfe-Simon mengatakan bahwa yang penting dalam penelitian mereka adalah bahwa ini menghancurkan pemikiran kita tentang bagaimana kehidupan dapat diciptakan dan tumbuh, menunjukkan bahwa ilmuwan sekarang akan mencari jenis baru dari organisme dan metabolisme yang tidak hanya menggunakan arsenik, tetapi unsur-unsur lain juga. Dia mengatakan bahwa dia bekerja pada beberapa kemungkinan dirinya sendiri.


Referensi :
http://gizmodo.com 

Related Posts

NASA Menemukan Kehidupan Baru
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..