Minggu, 08 Januari 2012

Game (Offline) Pendidikan SD

   Di sini, akan dishare sedikit tentang Game pendidikan untuk sekolah dasar. Berbeda dengan era 90-an, kini dunia pendidikan memiliki tambahan amunisi dalam metode pembelajaran, di antaranya adalah dengan adanya fasilitas internet dan komputer.
   Meski belum menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah, namun mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah banyak menyedot perhatian dari berbagai kalangan. Termasuk sebagai salah satu parameter nilai tambah dari sebuah sekolah/lembaga pendidikan. Hmm …, menarik bukan?. Salah satu materi yang ada di sana (Mata pelajaran TIK) adalah pengenalan komputer dan perangkat-perangkat pendukungnya. nah … berikut adalah rincian sedikit pengalaman kami dalam menyampaikannya, selamat membaca.


   Menantang. Itulah salah satu kata, menurut hemat kami mampu mewakili apa yg dirasakan ketika diminta untuk menyampaikan materi TIK di salah satu sekolah dasar. Tak pelak, hal ini menuntut untuk mulai membaca peta arah dan tujuan, mulai dari silabi, buku-buku yang beredar di pasaran, hingga browsing di dunia maya, berguru pada para ahli yang telah lama berperan. Wal hasil, kami mendapatkan beberapa game menarik yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran pengenalan komputer, khususnya untuk kelas 1-3 sekolah dasar. Perangkat lunak tersebut antara lain sebagai berikut:
A. Game Pendidikan Kategori umum (perhitungan, susun gambar, warna dan membaca) :
1. Sebran, untuk mendapatkannya/download  klik di sini
2. Childsplay, untuk mendapatkannya/download  klik di sini
3. GCompris, untuk mendapatkannya/download  klik di sini
4. Tux-math, untuk mendapatkannya/download  klik di sini
B. Game Pendidikan untuk menggambar
1. Tux-paint, untuk mendapatkannya/download  klik di sini
2. Draw for children, untuk mendapatkannya/download  klik di sini
Perangkat lunak ini digunakan tanpa menggunakan jaringan internet (offline), yakni dengan terlebih dahulu diinstall di komputer yang akan digunakan. Baik, rekan blogger sekalian, demikian sedikit apa yang bisa kami bagi dan apa yang telah kami gunakan dalam pengabdian kami. Selamat mencoba, semoga benar-benar bermanfaat dalam peningkatan penyerapan materi untuk peserta didik kita. Belajar senang …, Belajar Menang.
Yogyakarta, 25 November 2010.
Salam hangat kami,
Caksyam.


Referensi :
copas dari :
http://nambas.blogdetik.com





Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...