Rabu, 25 Januari 2012

Dengan otak kanan atau otak kiri-kah anda berfikir??


   Seperti yang kita ketahui, otak kanan merupakan gudangnya kreativitas dan spontanitas. Sedangkan otak kiri adalah otak yang suka menganalisis dan banyak pertimbangan. Manusia mempunyai otak kanan dan kiri serta juga otak tengah. Dari beberapa acara di TV, kita tahu bahwa otak kiri tidak terlalu mudah dalam menghafal, namun mudah untuk dilupakan. Tetapi otak kanan dapat mudah menghafal dan lama hilangnya karena membekas lama di memori kita.
   Pernahkah anda melihat anak umur belasan yang dapat menghafal 100 angka dalam 1 menit??waahh..luar biasa yaa... Menurutnya, ia dapat menghafal dengan mudah karena dia menjadikan angka dari 1 sampai 100 sebuah cerita. Sehingga ia mudah menghafalnya.



   Berikut adalah hasil penelitian dan kesimpulan mengenai fungsi otak kanan dan otak kiri setelah beberapa penelitian. 



Fungsi otak kanan : divergen, analogi, kongkret, bebas, imajinatif, asosiatif, intuitif, majemuk, holistik, subyektif, simultan, fleksibel, kreatif, visual, pencari pola

Fungsi otak kiri : konvergen, digital, abstrak, proporsional, analitik, linier, sekuensial, analitik, obyektif, satu-satu, kaku, matematikal, verbal, penuna pola.
fakta-otak-kanan-dan-kiri

Doug Hall mengatakan, dominasi kerja otak orang mempengaruhi kepribadian :

Orang dengan otak kanan dominan: humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, ide = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai solusi masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, "pelanggar aturan", bebas, spontan.

Orang dengan otak kiri dominan : serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terorganisir, ide = profitabilitas, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan umum, pendukung diam, pembuat aturan, konservatif, mudah ditebak.

    Dalam KBM pun, pembelajaran akan sangat mudah untuk dimengerti dan dihafal bila guru menggunakan media. Karena secara tidak langsung anak melihat, mendengar dan berinteraksi langsung. Dengan demikian, anak akan ingat dalam waktu yang panjang.
   Maka kadang-kadang, lebih menyenangkan bagi siswa bila mereka mempunyai guru yang pandai cerita dan melucu (dalam pembelajaran), guru yang pandai mengkiyaskan, menggambar dan menyanyi.


Bagaimana Melatih Otak Kanan?

   Purdie Chandra,"Yang saya alami sendiri, yakni melakukan dzikir dalam hati. Dzikir dalam hati dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dzikir itu akan membuat sesuatu itu terjadi.          Sementara, intuisi yang tajam akan menunjukkan sesuatu itu terjadi. Cara lain yaitu dengan melakukan sholat malam, atau Tahajud, dan sholat minta petunjuk atau Istikharah. Puasa juga dapat mencerdaskan otak kanan.
Membaca Al Qur’an. Kalau kita membaca Al Qur’an, dari kanan ke kiri, ini melatih otak kanan.

   Dengan otak apakah anda biasa menghafal pelajaran??

Semoga bermanfaat.
Referensi - Google






Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...