Minggu, 20 November 2011

Alat Pernapasan pada Cacing dan Kutikula



Alat pernapasan cacing tanah.
   Cacing tanah bernapas dengan kulit. Di atas kulit terdapat lapisan tipis yang disebut kutikula. Kutikula àdalah selaput bening dan tipis yang terdapat pada cacing tanah. Kutikula ini selalu lembap dan basah. Melalui selaput inilah cacing bernapas. Kutikula menyebabkan udara di dalam tanah dapat masuk ke pembuluh darah cacing. Setelah masuk ke pembuluh darah, udara tersebut diedarkan ke seluruh tubuh.
Kutikula
   Arti kutikula sendiri adalah *1. lapisan paling luar tubuh atau kulit permukaan; *2 bagian tumbuhan yg merupakan lapisan yg jernih, sangat tipis, dan biasanya lapisan itu berupa lilin; *3 lapisan pada permukaan kulit yg terdiri atas bagian sel yg telah mati.
   Jadi kutikula bukan hanya terdapat pada cacing, tetapi terdapat pula pada tumbuhan dan manusia.
   Kutikula tumbuhan adalah lapisan pelindung pada seluruh sistem tajuk (bagian tumbuhan yang berada di atas tanah) tumbuhan herba yang berfungsi untuk memperlambat kehilangan ai dari daun, batang, bunga, buah, dan biji. Tanpa lapisan pelindung ini, transpirasi(hilangnya uap air melalui permukaan tumbuhan) pada hampir semua tumbuhan berlangsung sangat cepat sehingga tumbuhan akan mati.
   Kutikula pada kuku manusia adalah kulit yang mengeras kiri kanan kuku. Cukup mengganggu apabila mengeras dan akan menyakitkan jika sampai terkelupas/tertarik ke arah bawah, bahaya jika sampai infeksi dan bernanah paling parah diamputasi (hehe...). sebaiknya, kutikula juga ikut dibersihkan/digunting ketika kita memotong kuku. so kuku rapi, indah bersih dan sehat selalu..

Reaksi:

1 komentar:

hah jadi tambah ngerti,,
ijin catet

Poskan Komentar

Berikan komentar anda..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...