Friday, March 29, 2013

Galau Kurikulum 2013

Salam agan semua... 2 bulan ini sudah vakum menulis, karena banyak sekali kesibukan (sok sibuk). Dan mungkin masih sebulan ke depan masih vakum nih blog..(sedih..). Kali ini saya akan sedikit membahas tentang Kurikulum yang akan berjalan pada tahun 2013 mendatang, yang saat ini masih disebut dengan Kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 ini, akan ada mata pelajaran yang akan dihapus dan dikonversikan kepada mata pelajaran yang lain. 

Misalnya saja pada jenjang Sekolah Dasar, isu-isunya (karena masih 3 bulan lagi baru berjalan) sih mata pelajaran Bahasa Inggris akan dihapus dan dikonversikan kepada mata pelajaran yang lain. Semisal pada mata pelajaran seni budaya atau IPA dan lain sebagainya. Ada juga yang bilang PKn akan dihapus dan dikonversikan kepada IPS.Begitu juga IPA dan PLH akan dikonversi.

Kemarin saya berkunjung ke sebuah SMP, katanya bagian kurikulumnya sudah menyelesaikan uji coba
kurikulum 2013. Menurut salah satu sumber, mata pelajaran Bahasa Sunda dihapus dan dikonversikan kepada mata pelajaran Seni Budaya. Saya juga dengar nih, (masih isu mungkin) katanya juga hari kamis akan menjadi hari berbahasa Sunda. Nah lohh...

Galau yah pasti buat sebagian guru-guru di Sekolah. Apalagi buat anda guru Bahasa Inggris atau PKn di SD, Bahasa Sunda di SMP, dan lain sebagainya yang belum saya dengar lagi bagaimana hasilnya. Kita masih akan melihat hasilnya di bulan Juli nanti.

Yang pasti, dari kurikulum 2013 ini bakal banyak sekali perubahan. Dari mulai raport yang pasti berubah, sampai penyesuaian guru dalam mengajar. Yang sudah berjalan sekarang ini adalah sistem TEMATIK di SD yang sudah dijalankan di kelas 1, 2 dan 3 yang pelajarannya menggabungkan seluruh mata pelajaran. Dan saya pikir, bukan hal yang mudah untuk menggabungkan satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain. Meskipun itu hanya menyisipkan, akan tetap terasa sulit. Namun bila memang sudah ditentukan, semoga akan berjalan baik dan lancar kedepannya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan kurikulum baru 2013 akan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahun ajaran baru 2013-2014, yakni pertengahan Juli siap dilaksanakan. Saat ini yang sedang dipersiapkan yaitu pembuatan buku. Setelah dibuat, buku akan dicetak dan dibagikan ke siswa-siswi. 

"Kurikulum baru tersebut akan dilaksanakan secara bertahap," katanya kepada wartawan seusai menghadiri acara Hand Over Sertifikasi SMM ISO 9001:2008 di SMK NU 01 Kendal, Jumat (29/3/2013). Dia menjelaskan, untuk tingkat Sekolah Dasar, kurikulum tidak serentak dilaksanakan untuk kelas I - VI. Namun, untuk kelas I dan kelas IV. Pelaksanaanya juga tidak di seluruh sekolah dasar, hanya diambil beberapa persen. Setelah itu, dilanjutkan dengan pelatihan guru. Pelatihan bagi guru-guru tersebut akan mendatangkan instruktur nasional  dan guru inti.

Semoga para pejabat yang membuat kurikulum ini memiliki maksud yang baik dan sebelumnya pernah menjadi guru atau minimal tahu bagaimana kondisi KBM di sekolah. Yang saya takutkan, mereka belum pernah menjadi guru dan tidak tahu bagaimana kondisi KBM di sekolah. Dan jangan sampai kembali berubah bila menteri dan presidennya berganti tahun 2014 nanti. Amin

Semoga bermanfaat.

Related Posts

Galau Kurikulum 2013
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..