Tuesday, August 14, 2012

Selamat HUT Pramuka ke - 51


Salam Pramuka
   Hari ini 14 Agustus 2012, merupakan HUT Pramuka yang ke-51. Masih ingat dong dengan arti dari PRAMUKA?? ya, artinya adalah PRAja MUda KArana. Maksud dari Praja Muda Karana sendiri, adalah anak muda yang suka berkarya.
   Organisasi kepanduan di Indonesia sendiri dimulai oleh adanya cabang "Nederlandsche Padvinders Organisatie" (NPO) pada tahun 1912, yang pada saat pecahnya Perang Dunia I memiliki kwartir besar sendiri serta kemudian berganti nama menjadi "Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging" (NIPV) pada tahun 1916.
   Organisasi Kepanduan yang diprakarsai oleh bangsa Indonesia adalah Javaansche Padvinders Organisatie; berdiri atas prakarsa S.P. Mangkunegara VII pada tahun 1916.
   Kenyataan bahwa kepanduan itu senapas dengan pergerakan nasional, maka berdirilah banyak sekali organisasi kepanduan, misalnya "Padvinder Muhammadiyah" yang kemudian pada 1920 berganti nama menjadi "Hizbul Wathan" (HW); "Nationale Padvinderij" yang didirikan oleh Budi Utomo; Syarikat Islam mendirikan "Syarikat Islam Afdeling Padvinderij" yang kemudian diganti menjadi "Syarikat Islam Afdeling Pandu" dan lebih dikenal dengan SIAP, Nationale Islamietische Padvinderij (NATIPIJ) didirikan oleh Jong Islamieten Bond (JIB) dan Indonesisch Nationale Padvinders Organisatie (INPO) didirikan oleh Pemuda Indonesia. Dan masih banyak lagi organisasi-organisasi kepanduan yang berdiri sendiri-sendiri.
   Setelah lama sekali indonesia memiliki banyak organisasi kepanduan, maka pada tahun 1961, terbetuklah PRAMUKA. Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepanduan di Indonesia waktu itu sangat banyak. Jumlah itu tidak sepandan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu.
   Pemerintah pada masa itu pun membuat peraturan, yaitu Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Pasal 330. C. yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Kemudian kepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa Lord Baden Powell (Lampiran C Ayat 8).
   Karena itulah Pesiden/Mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepanduan Indonesia, bertempat di Istana Negara. Hari Kamis malam itulah Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka.
   Banyak sekali cerita dalam pembentukan Pramuka, sampai akhirnya Pramuka sendiri diperkenalkan. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta, tapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai Hari Ulang Tahun PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka.
   Yahh...itu tadi sedikit info tentang lahirnya Pramuka. Saya gak menulis detailnya, karena ceritanya yang panjang..hehe.. Yang pasti, banyak sekali kenangan dan pengalaman yang bisa kita dapatkan dari Pramuka. Pernah dulu waktu di sekolah, cilok tuh dimasukin ke mulut-mulut kami secara bergantian. Pernah juga permen karet. Jijik sih waktu itu, tapi itu yang sangat terkenang sampai sekarang.
   Menyenangkan bagaimana kita bisa mengenal banyak sekali kata sandi, berbicara dengan kata sandi yang tidak diketahui oleh orang lain. Menyenangkan ketika tali-menali bisa kita pergunakan di kehidupan sehari-hari. Menyenangkan ketika membuat pionering adalah hal yang mengasyikkan. Membuat robot, pesawat atau helikopter dengan pionering. Begitupun dengan aplikasi dari Pramuka yang sangat membekas ke dalam kehidupan kita. Disiplin, kreatifitas, tahan banting, dan lain-lain.

   Pokoknya...SALAM PRAMUKA...

Sumber : wikipedia
  

Related Posts

Selamat HUT Pramuka ke - 51
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..