Wednesday, February 1, 2012

Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Proxy

Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik. Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.

Cara Kerja Proxy

Proxy server bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server.

Cara Menggunakan Proxy

Sebenarnya untuk menggunakan proxy gampang saja,teman – teman tinggal membuka alamat penyedia dari proxy ini sendiri yang diantaranya :

Dan masih banyak lagi.Cara menggunakannya adalah :

  • Pada Toolbar Mozilla,silahkan klik menu Options.
  • Kemudian pilih Tab Advanced kemudian pilih Network.
  • Pilih Bagian Setting.
  • Masukan IP pada Kolom IP dan Port pada bagian Port. (Contoh Proxy : 123.123.123.123:8080) Berarti IP yg dimasukan adalah 123.123.123.123 dan portnya adalah 8080
  • Klik OK
Selesai sudah menggunakan proxy.Untuk melihat apakah proxy sudah berubah atau belum silahkan kunjungi situs www.cmyip.com jika sudah berubah IP teman – teman itu tandanya proxy berjalan lancar.Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai Pengertian Proxy Dan Cara Menggunakannya

15 hal untuk pengguna internet pemula

Bukan maksud untuk menggurui cuma ingin menyimpulkan sendiri tentang beberapa hal tentang internet dan kaitannya, Karena beberapa hal berikut yang akan anda sering jumpai dalam dunia internet, bagia anda yang bukan Pemula (newbie) tidak usah baca kelanjutannya ( Pastinya akan membosankan). (baca manfaat internet)

Web vs Internet

Internet adalah ‘interkoneksi jaringan komputer yang luas yang mencakup seluruh dunia. Program ini terdiri dari jutaan komputer yang terhubung dan berbagi volume informasi. Internet dimulai pada tahun 1960-an sebagai proyek militer Amerika, dan sejak itu berkembang menjadi spiderweb publik besar-besaran. dan sampai saat ini Tidak ada organisasi tunggal memiliki atau mengendalikan Internet.

tips dan trik internet

Internet mempunya banyak (layers) lapisan informasi, dengan masing-masing didedikasikan untuk (layers)lapisan yang berbeda . Lapisan-lapisan yang berbeda disebut ‘protokol’. Protokol yang paling populer adalah World Wide Web, FTP, Telnet, Gopherspace, instant messaging, and email.

World Wide Web, atau ‘Web’ untuk jangka pendek, merupakan bagian yang paling populer di Internet. Web dapat dilihat menggunakan browser (mozilla, IE, chorome dll).

http dan https

http adalah singkatan teknis yang berarti ‘hyper text transfer protokol’, bahasa dari halaman web. Ketika sebuah halaman web memiliki prefiks ini, kemudian link, teks, dan gambar harus bekerja di browser web Anda. (hypertext transfer protocol SECURED) https adalah. Ini berarti bahwa halaman web memiliki lapisan khusus menambahkan enkripsi untuk menyembunyikan informasi pribadi Anda dan password. Setiap kali Anda masuk ke bank online Anda atau account web email, Anda akan melihat https di depan dari alamat halaman.

Browser

browser adalah paket perangkat lunak gratis yang memungkinkan Anda melihat halaman web, grafis, dan sebagian besar konten online. Browser perangkat lunak dirancang khusus untuk mengkonversi HTML dan XML ke dalam dokumen dapat dibaca. Browser web yang paling populer di 2010 adalah: Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan Safari dan sebaginya;

HTML dan XML

Hypertext Markup Language adalah bahasa program yang halaman web didasarkan pada. Perintah HTML browser web Anda untuk menampilkan teks dan gambar secara berurutan. HTML menggunakan perintah yang disebut ‘HTML tag’ yang terlihat seperti berikut:




XML adalah eXtensible Markup Language, sepupu ke HTML. XML berfokus pada pembuatan daftar dan databasing isi teks dari suatu halaman web. XML perintah tampak seperti berikut:


Jika anda masih penasaran silahkan klik kanan halam ini dan klik view page source, maka browser anda akan menampilkan deretan text yang saya sendiri tidak mengerti..

URL uniform resource locators

URL, atau “uniform resource locators’, adalah alamat web browser halaman internet atau file. Sebuah URL bekerja sama dengan alamat IP untuk membantu mencari nama, alamat dan bookmark halaman tertentu dan file untuk web browser.

URL biasanya menggunakan tiga bagian untuk alamat halaman atau file: protokol (yang merupakan bagian berakhir di’//:’); host komputer (yang kadang-kadang berakhir di com), dan nama file / NamaHalaman itu sendiri.. Sebagai contoh: http://www.chapila.com atu http://googlechapila.com

Alamat IP ( IP address)

Alamat ‘internet protokol’ komputer Anda adalah nomor seri empat bagian elektronik. Sebuah alamat IP terlihat seperti 202.134.0.155,(TELKOM SPEEDY) lengkap dengan titik pemisah. Setiap komputer, ponsel, dan perangkat yang mengakses internet diberikan setidaknya satu alamat IP untuk tujuan pelacakan. Dimanapun anda telusuri, setiap kali Anda mengirim email atau pesan instan, dan setiap kali Anda men-download file, IP address anda bertindak sebagi identitas anda. Ingat IP Address biasanya di golongkan ke beberapa bagian tapi yang pasti IP Publik (umum) tidak ada yang sama, karena ini ada identitas. Selengkapnya Pengertian ip address

Email

Email (dahulu dieja e-mail dengan tanda hubung) adalah surat elektronik. Ini adalah pengiriman dan penerimaan pesan diketik dari satu layar ke yang lain. Email biasanya ditangani oleh layanan webmail (misalnya Gmail atau YahooMail), atau paket perangkat lunak yang diinstal (misalnya Microsoft Outlook).

Email memiliki banyak sepupu: pesan teks, pesan instan, live chat, videomail (v-mail), Google Talk dan sebaginnya. Dan Kadang – kadang email digunakan sebagai identitas dunia maya anda, Misal untuk Registrasi pada sebuah website (facebook, twitter dll). contoh email : admin@chapila.com

Blog dan Blogging

Sebuah blog (‘web log’) adalah kolom penulis online modern. penulis amatir dan profesional mempublikasikan blog mereka pada kebanyakan segala macam topik: minat hobi mereka,pendapat mereka, komentar mereka pada hal-hal tertentu (contoh blog ini). Tentu saja setiap orang dapat memulai sebuah blog, dan beberapa orang benar-benar membuat pendapatan yang wajar dengan menjual iklan pada halaman blog mereka.

Web log biasanya diatur secara kronologis, dan dengan formalitas kurang dari situs web penuh. Blog bervariasi dalam kualitas dari sangat amatir sampai yang sangat profesional. Tidak ada ruginya untuk memulai blog pribadi Anda sendiri.

Social Media dan Social Bookmarking

Media sosial adalah istilah yang luas untuk sebuah media online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan ribuan pengguna lain. Instant messaging dan chatting adalah bentuk umum media sosial, seperti blog dengan komentar, forum diskusi, website video-sharing dan sharing foto. Facebookchapila.com dan MySpacechapila.com yang sangat besar situs media sosial, seperti YouTubechapila.com dan Diggchapila.com.

bookmark sosial adalah suatu bentuk khusus dari media sosial. bookmark sosial adalah dimana pengguna berinteraksi dengan merekomendasikan situs web satu sama lain.

ISP (Internet Service Provider)

ISP adalah Internet Service Provider. Itu adalah perusahaan swasta atau organisasi pemerintah yang menguhubungkan Anda ke Internet luas di seluruh dunia. ISP Anda akan menawarkan layanan yang berbeda-beda untuk harga yang bervariasi: akses halaman web, email, hosting halaman web Anda sendiri, hosting blog Anda sendiri, dan seterusnya. ISP juga akan menawarkan berbagai kecepatan koneksi internet dengan biaya bulanan. (Misalnya Internet kecepatan ultra tinggi Internet vs ekonomi).

Hari ini, Anda juga akan mendengar tentang WISP, yang merupakan Wireless Internet Service Provider. Mereka melayani pengguna laptop yang melakukan perjalanan secara teratur.

Download

Download adalah istilah yang luas yang menggambarkan saat Anda membuat salinan pribadi dari sesuatu yang Anda temukan di Internet atau World Wide Web. Umumnya, download dikaitkan dengan lagu, musik, dan file perangkat lunak (misalnya “Saya ingin men-download nada dering musik baru untuk ponsel saya”.Semakin besar file yang Anda salin/copy/download, maka semakin lama waktu yang anda butuhkan. INGAT : jangan sembarangan download file (SAVE YOUR BANDWIDTH).

Malware

Malware adalah istilah luas untuk menggambarkan setiap perangkat lunak berbahaya yang dirancang oleh hacker. Malware meliputi: virus, trojan, ratware, keyloggers, program zombie, dan semua perangkat lunak lain yang berusaha untuk melakukan salah satu dari empat hal:

1. vandalisme komputer Anda dalam beberapa cara,

2. mencuri informasi pribadi Anda

3. mengambil remote control komputer Anda (‘zombie’ komputer Anda) untuk tujuan-tujuan lain

4. memanipulasi Anda dalam pembelian sesuatu.

program Malware adalah bom waktu dan kaki tangan jahat programmer tidak jujur.

Router (alias ‘Router Network’)

router atau dalam banyak kasus, kombinasi router-modem, adalah perangkat keras yang bertindak sebagai police (pengaman,jembatan) lalu lintas untuk sinyal-sinyal (sambungan) jaringan ke dalam rumah Anda. Router terhubung dengan ISP (point 10) kemudian menyambungkan kembali ke komputer / Laptop anda, menggunakan media berupa wireless maupun kabel. Dengan menggunakan Router anda bisa menggunakan Komputer / laptop lebih dari satu karne Fungsi router salah satunya adalah untuk mengkonvesi IP Publik dari ISP ke IP local komputer anda .

Kata Kunci dan Tag / Label

Kata kunci istilah pencarian digunakan untuk menemukan dokumen dan sejenisnya. Kata kunci dari satu sampai lima kata panjang, dipisahkan dengan spasi atau koma: misalnya “Pengertian Komputer” misalnya “cara daftar blog”. Kata kunci merupakan dasar untuk katalogisasi Web, dan alat utama dengan mana Anda dan saya akan menemukan sesuatu di Web, Sebagian besar kata kunci ini digunakan pada search enggine.

Tag (kadang disebut ‘label’) adalah kata kunci rekomendasi. Tag dan label fokus pada silang Anda untuk konten yang terkait … mereka adalah evolusi modern ‘saran untuk membaca lebih lanjut’.

I.M.pesan instan

IM (biasanya dieja ‘IM’ tanpa periode) adalah pesan instan, bentuk modern online chatting. IM agak seperti SMS, agak seperti email, dan sangat banyak seperti mengirim catatan dalam kelas. IM menggunakan software khusus tanpa biaya-yang Anda instal pada komputer Anda. Bahwa perangkat lunak IM pada gilirannya menghubungkan Anda berpotensi ribuan pengguna IM lain melalui Internet. Anda menemukan teman anda dan membuat teman baru dengan mencari ID IM mereka. Untuk saat ini I.M banyak mendukung Transfer File, maupun Streaming (WEBCAM) Contoh I.M yang populer saat ini, yahoo messengger, Google talk, skype

Pengertian DNS (Domain Name System)


Ilustrasi DNS DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan ? nah itulah kegunaan DNS. Jadi ketika anda mengetikkan nama domain suatu situs di browser anda lalu menekan enter, browser anda akan mengecek apakah nama domain tersebut ada di cache DNS browser anda (pernah anda buka situsnya sebelumnya), jika tidak browser anda tersebut akan menghubungi name server (server tempat DNS berada) yang digunakan oleh koneksi internet anda untuk kemudian menerjemahkan nama domain situs tersebut menjadi IP address, kalau ketemu maka anda akan dibawa ke lokasi server tempat halaman situs tersebut berada. Analoginya DNS itu seperti buku telepon, kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain (nama orang kalau di buku telepon) yang sama.


Pengertian e-mail dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, bahkan saya mendapatkan istilah surel untuk surat elektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronic mail). Hanya saja, bagi saya pribadi penggunaan istilah email sepertinya jauh lebih nyaman ditelinga.

Lebih jauh, pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor.

Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnya kang.moes@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakan penyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo)

Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dan non web-based. Untuk dapat menggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitus yang disediakan, contohnya gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain – lain, sedangkan untuk yang non web based pendaftaran dilakukan melalui administrator penyedia layanan. Demikian informasi singkat mengenai pengertian email ini.

Related Posts

Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer
4/ 5
Oleh

2 komentar

Berikan komentar anda..