Saturday, December 17, 2011

Gaji guru honor

    Haduuuhh...belum gajian ni bulan ini..udah tanggal berapa coba???ckckkck...#curhat.. Memang nasib guru honor saat ini belum jelas..dari segi gaji..sampai masa depan..
   Begitu banyak problematika yang dihadapi oleh guru honorer..salah satunya adalah gaji. Apakah anda tahu?? Kalau sebagian guru honor di Jawa Barat, gajinya masih Rp.250.000,-/ bulan?!weeww...kudu bersyukur atuh saya mah..masih dapat Rp. 450.000,-/ bulan...
   Rata-rata gaji guru honorer itu minimal 250.000 sampai 500.000..di atas dari itu, ada..tapi ga banyak. Padahal di tempat saya mengajar saja, sudah ada aturan dari UPTD-nya, bahwa gaji minimal guru honor di Cileungsi adalah 500.000.. tapi dasar emang Kepala Sekolah korupsi...cckck..


   Dengan segala kebutuhan yang naik tiap tahunnya, gaji 500.000 saja itu masih sangat kekurangan. Pada peringatan ulang tahun PGRI di sentul kemarin. Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistio meminta pemerintah menetapkan standar minimum gaji guru honorer. "Kami berharap guru honorer diangkat, tapi itu berat," katanya saat memberi sambutan pada peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-66 PGRI di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu 30 November 2011.
   Sulistio menyampaikan aspirasi para guru ini di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menghadiri acara itu. Dia berterima kasih kepada pemerintah karena menaikkan anggaran pendidikan hingga 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Tapi kata saya maahh...malah seneng dah itu kepala sekolah...ckckck...
   Jika dibandingkan dengan gaji guru PNS, yang minimalnya saja sudah pasti 1,4 Juta lah..Dengan prestasi kerja yang sama, bahkan sebagian lebih kurang dari guru honorer, sangat ironis sekali. Apalagi ditambah adanya program sertifikasi yang menurut saya hanya menghambur-hamburkan uang saja..
   Coba perhatikan gaji guru PNS yang telah sertifikasi ini, saya kutip dari http://vandha.com/category/guru-2/ :
   
   Guru PNS yg sudah sertifikasi, KERJAnya 5 BULAN, GAJInya 25 BULAN
Detail:
  • Jlh bulan dalam setahun = 12 bulaln
  • Jlh gaji dalam setahun = 12 + 1 = 13 bulan (termasuk gaji ke 13)
  • Jlh bulan mengajar dalam setahun = 12 kurangi libur Ramadhan =  1 bulan, sisa bulan mengajar 11 bulan, kurangi libur 2x semesteran =  1 bulan, sisa bulan mengajar 10 bulan
  • Lama kerja dalam sehari = 1/2 hari,
  • Berarti waktu kerja = setengah total bulan mengajar = 1/2 x 10 bulan = 5 bulan
GAJI 25 BULAN ???
# Gaji PNS = 13 bulan
# Tunjangan Profesi = 12 bulan
# TOTAL = 25 bulan GAJI


   Weew...jauh banget ya sama gaji guru honor..Apalagi kalau Kepala Sekolahnya korupsi..hhmmm...
   Tapi untung saja masih ada senyum anak-anak yang jadi semangat..masih ada berkah menanti disetiap keikhlasan.. Jadi jangan bersedih kawan...Dengan niat yang tulus..berjuta pahala menanti kita disetiap tetes keringat..(kalau keringatan..kalau gak??hehe..)


   Maju terus Guru di Indonesia - bekerjalah karena niat kita ingin membangun bangsa. Wassalam.
   

Related Posts

Gaji guru honor
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..