Sunday, February 28, 2016

Asal Mula Sebutan "KOMPENI" kepada Orang Belanda

Zaman penjajahan sudah lama berlalu. Namun masih banyak menyisakan sederet cerita penderitaan serta peperangan menuju kemerdekaan. Namun diantaranya banyak sekelumit cerita yang lucu untuk dijadikan pengetahuan kita. Misalnya sebutan KOMPENI kepada para penjajah. Berasal dari manakah sebutan ini?

Belanda datang pertama kali di Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Sejak saat itulah Belanda terus datang ke Indonesia dengan niat berdagang. Lalu akhirnya mereka mendirikan sebuah perusahaan di Indonesia yang berfungsi sebagai pengepul hasil bumi dari para petani. Perusahaan itu bernama Verenigde Oost Indische Compagnie atau biasa disebut VOC.

Lama-kelamaan VOC ini semakin ingin menguasai hasil bumi Indonesia. Dengan mengambil banyak tukang pukul dari rakyat pribumi (maklum dulu belum ada yang namanya nasionalisme), mereka mulai memaksa para petani menjual hasil buminya dengan murah. Semakin lama ketamakan VOC semakin menjadi-jadi. Mereka lalu memulai aksi penjajahan di bumi pertiwi. Sehingga banyak terjadi perlawanan di berbagai daerah untuk melawan KOMPENI ini.

Namun akhirnya VOC ini bangkrut dan akhirnya dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. Penyebabnya tidak lain karena korupsi para pejabatnya. Mungkin juga inilah mengapa para petinggi bangsa Indonesia biasa dengan korupsi yah?!

Lalu darimana sebutan KOMPENI itu berasal? Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC). Sebutan itu berasal dari kata Compagnie yang artinya perusahaan. Kalau kita rubah ke dalam bahasa Inggris, yaitu Company. Compagnie memang dibaca Kompeni. Akhirnya orang Indonesia memanggil penjajah dengan sebutan Kompeni. Lucu yah...:)

Semoga Bermanfaat

Related Posts

Asal Mula Sebutan "KOMPENI" kepada Orang Belanda
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Berikan komentar anda..