Minggu, 12 Agustus 2012

Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil dan Sebaliknya, serta Menghilangkan Rumus di kolom Ms. Excel

Salam Blogger

   Seringkali dalam menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk membuat data, kita pasti harus mengubah huruf kecil menjadi huruf besar, huruf besar menjadi kecil, maupun huruf depannya saja yang kapital. Sangat mudah kalau kita melakukannya di Microsoft Word, tinggal di seleksi kemudian hold shift + f3. Namun apa yang harus dilakukan di dalam Ms. Excel?? Ternya rumus shift + f3 tidak dapat kita lakukan di Ms. Excel. Lalu bagaimana cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar?
   Sedikit share saja, karena saya sendiri sempat kesulitan karena banyak data yang ditulis oleh teman yang ditulis dengan huruf kecil, kemudian saya membutuhkan data tersebut dengan huruf besar (kapital).
   "change case" adalah fungsi untuk merubah huruf kecil (lower case) menjadi huruf besar (upper case) pada Ms. excel.
Rumus atau fungsinya begini nih :
  1. Lower = untuk merubah jadi tulisan kecil
  2. Upper = untuk merubah menjadi tulisan besar
  3. Propper = untuk merubah huruf depannya saja yang besar (kapital) 
Caranya adalah tulislah rumus di dalam kolom, disamping kolom tulisan yang telah anda buat(saya beri contoh nama-nama murid saya dengan huruf besar, dan saya rubah menjadi huruf kecil). Rumusnya langsung saja "=LOWER(Kolom yang ingin anda rubah)".

 Maka hasilnya :

    Mudah sekali bukan?? Namun kolom dengan huruf kecil tersebut, masihlah sebuah rumus. Bila kita hapus nama berhuruf besar di kolom sebelumnya, maka nama dengan huruf kecil itupun akan hilang. Lalu bagaimana yang ingin mempermanenkan kolom yang berumus?? 
   Jika anda sedang terburu-buru, anda bisa menyembunyikan saja kolom sebelumnya. Namun bila ingin mempermanenkannya, maka cukup tekan saja F2 + F9 lalu tekan enter. Sekarang rumus nya sudah hilang tanpa menghilangkan nilai atau hasil yang ada di dalamnya.
   Yang masih menjadi masalah buat saya. Sampai saat ini saya belum tahu bagaimana bisa menghilangkan rumus ini dalam jumlah bayak?? Iya kalau data yang harus dirubah hanya sedikit, tidak akan jadi masalah. Namun kalau datanya berjumlah ratusan, tentunya akan sulit. Mungkin bagi agan-agan yang tahu, bisa memberi komentar disini. Terima kasih.

Reaksi:

10 komentar:

MAAF PAK/BU..CARA MERUBAH SECARA MASSAL TINGGAL TARIK DRAG/DIKOPY YANG SUDAH DIRUMUS...

kLO ngilangin rumus secar masal gmn gan?

@Sulaiman Komputer : Ya saya faham kalau maksud'a ada rumus yang mau dijadikan massal emang tinggal di drag atau di copy.. tapi maksud saya disini bagaimana kalau ngilangin rumus secara massal..seperti yang @dedy kuntet bilang..saya belum tahu juga..hehe..

Nambahin yah, kaloupun rumus nya gak dihilangkan tetep bisa dicopy kok, pas di paste pilih paste values, jadi yang di paste ntar nilainya aja bukan rumusnya... semoga bisa membantu. karena kalo satu2 rumusnya dihilangkan pasti lama kalo recordnya banyak....

Terima kasih masukannya...sangat bermanfaat....

menghilangkan rumus dengan jumlah bnayak
block seluruh kolom yang mau d hilangkan rumusnya kemudian.
copy > paste special> value > enter.

Hatur nuhun atas ilmunya yg bermanfaat

Sama-sama... saling berbagi aja..

Poskan Komentar

Berikan komentar anda..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...