Tuesday, May 29, 2012

BINTEK Software Manajemen Sekolah Terpadu

   Pada hari Selasa, 29 Mei 2012, di Bogor telah diadakan Bimbingan Teknis tentang software terbaru yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Pada hari ini sebagian besar operator Sekolah di Kabupaten Bogor dari SD sampai SMP berkumpul di SMPN 1 Ciawi. Kenapa hanya sebagian?? Karena memang dalam undangan tersebut, tidak semua sekolah diberikan undangan untuk menghadiri BINTEK tersebut.
   Lalu apa saja sih isi dari BINTEK tersebut? Sekedar iseng-iseng nih karena sudah 3 minggu gak posting..hehe..
   Bimbingan Teknis kali ini diadakan dari pukul 08.00 - selesai. Pertama-tama kami dipertontonkan sebuah video Gurbenur Jawa Barat A. Heryawan yang memberikan kata sambutan. Namun itu tak lama, karena listrik terus saja turun. Bayangkan saja kelas yang banyak itu terisi semua oleh para peserta yang men-charge laptop atau netbooknya. Sampai akhirnya kemudian dan seterusnya, presentase pun berjalan tanpa adanya listrik. Infocus tidak menyala, sebagian besar laptop dan netbook para peserta pun akhirnya kehabisan batereinya.
   Setiap dari kami mendapatkan sebuah CD dan buku pedoman penggunaan software "Manajemen Sekolah Terpadu Teknologi Informasi." Software ini sangat membantu sekolah untuk mendata semua kegiatan dan pendataan di sekolah. Dari mulai modul kepegawaian, kesiswaan, kurikulum, akademik, keuangan, dana BOS, sampai SMS Gateway. Bahkan sofware ini sudah dilengkapi bel untuk pergantian jam pelajaran. Sangat membantu sekali.
   Namun software ini masih banyak kekurangannya. Yang paling utama adalah, software ini belum memiliki fasilitas khusus untuk backup. Jadi bila data di komputer kita hilang, semua data akan hilang. Lalu dalam menuliskan laporan BOS, penggunaannya pun belum dapat dikatakan efisien, karena berbeda dengan kenyataan pembuatan SPJ BOS. Dari teman yang saya dengar, malah pusing kalau menggunakan software ini dalam laporan BOS. Kemudian bagi teman-teman Operator atau TU, apakah akan menulis kembali data dari kelas 1 sampai kelas 6 (untuk SD)? Sungguh akan mengganggu tidur para TU.. haha..! Dan yang terakhir yang belum sempat saya tanyakan sih, dalam data kesiswaan dan kepegawaian kan ada foto, apakah software kemudian tidak menjadi lemot dengan adanya foto-foto tersebut? sehingga malah akan memperlambat pekerjaan?! hmmm...
   Yang pasti ini baru versi 1.0 dari software ini. Mungkin akan menjadi masukan dan perbaikan di kemudian hari. Dan apakah software ini akan digunakan atau tidak, kita belum tahu. Karena banyak sekali program yang sudah pernah dijalankan, tetapi mandek ditengah jalan karena banyaknya keluhan.
   Menurut saya software ini mendapat bintang 3 lahh. Menurut anda??

Semoga Bermanfaat

Related Posts

BINTEK Software Manajemen Sekolah Terpadu
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..