Wednesday, April 4, 2012

Dongeng - MENJIPLAK buta التَّقْــلِيْدُ الأَعْــمَي


كَانَ لِتَاجِــرٍ حِمَـارَانِ حَمَّل أَحَدَهُمَــا مِلْحًا وَالْاخَرَ إِسْفَنْــجًا. وَبَيْنَــمَا هُوَ سَـــائِرٌ بِهِــــمَا إِذْ مَرَّ بِتُرْعَةٍ, فَنَــزَلَ فِيهَاالْحِمَــارُحَــــامِلُ الْمِلْحِ لِيُطْــفِئَ حَرَارَةَ الْعَــطَشِ الَّذِي اسْتَوْلَي عَلَيْـــهِ مِنْ شِدَّةِ ثِقَلِ حَـــمْلِهِ. وَخَـــرَجَ وَقَدْخَــفَّ حِمْــلُهُ كَثِيْرًالِذَوَبَانِ الْمِلْحِ فِى الْمـــَاءِ

وَلَــمَّــا أَحَسَّ الحِمَـــارُبِخِفَّةِ حِمْلِهِ, صَارَ يَعْدُو وَيَتِيهُ بَعْدَأَنْ كــَانَ مِنْ قَبْلُ كَئِيْبًا حَزِيْنًا. فَقَــالَ زَمِيْلُهُ "مَـــاالَّذِيْ أَصَــابَكَ حَتَّي انْقَلَبَتْ حَـــالُكَ مِنَ الْهَمِّ إِلَي السُّرُوْرِ"ـ

فَقَــــالَ "عِنْدَمَــانَزَلْتُ أَشْرَبُ لَمْ أَشْعُرْ إِلاَّوَالْمِــلْحُ نَازِلٌ يَسِيــلُ مِنْ فَوقَ ظَهْرِي. فَصَبَرْتُ حَتَّي ذَابَ كُلُّهُ وَخَرَجْتُ". فَتَعَــجَّبَ الحِمَــارُالثَّــانِي مِنْ حُسْنِ حَظِّ أَخِيْخِ. وَصَمَّمَ عَلَي تَقْلِيدِهِ فِيمَـــا فَعَلَ. عِنْدَأَوَّلِ تُرْعَةٍ يَمُــرُّ عَلَيْهَا, وَبَعْدَبُرْهَةٍ قَصِيــــرَةٍ, بَلَغَ الثَّلاَثَةُ نَهْرًا كَبِيــــرًا. فَنَزَلَ الْحِــمَارُالثَّانِي حَـــامِلُ الإِسْفَنْجِ لِيَشْرَبَ وَيُذِيــبَ حِمْلَهُ الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَهُ. فَامْتَلَأُ الإِسْفَنْـــجُ بِالْمَـــــاءِ وَصَارَ أَثْقَـــلَ مِمَّــــا كَانَ. فَخَرَجَ الْــحِمَـــارُ يَئِنُّ وَيَتَوَجَّعُ مِنْ هذِهِ الدَّاهِيَةِ. فَلَــمَّا رَآهُ التَّاجِــرُعَلَى هذِهِ الْحَـــالِ مِنَ الْكآبَةِ, قَالَ لَهُ "أَيُّهَــــاالْغَبِيُّ الْأَحْمَقُ, اعْلَمْ أَنَّ مَـــا يَصْلُحُ لِشَخْصٍ لاَ يَجِبُ أَنْ يَصْلُحَ لِغَيْرِهِ. وَأَنَّ التَّقْـــلِيدُ بِغَيْرِهُدًى ضَلاَلٌ وَسَفَاهَـــةٌ. وَكَمْ مِثْلُكَ مِــــنْ بَنِي آدَمَ يُقَــلِّدُوْنَ فِيْمَا يَضُرُّهُمْ وَهُمْ لاَيَفْقَهُـــوْنَ"؛

  Pada suatu hari, ada seorang pedagang yang memiliki 2 ekor keledai, yang satu membawa garam dan yang satu lagi membawa spon.
   Ketika mereka berjalan melewati sebuah sungai, seekor keledai yang membawa garam pun langsung menceburkan dirinya ke sungai. Untuk menghilangkan kehausan yang menderanya karena beratnya bawaannya. Lalu ia keluar dari sungai dan telah berkurang banyaklah berat garam yang dibawanya.
   Dan setelah ia merasakan bahwa telah berkurang berat bawaannya tersebut, iapun merasa ringan dan senang setelah sebelumnya kelelahan karena berat garam bawaannya. Lalu berkatalah temannya "Apa yang terjadi padamu sehingga kamu berubah dari murung menjadi senang??".
   Lalu keledai si pembawa garam tadi pun menjawab "Ketika tadi aku turun ke sungai, aku pun minum dan seketika garam menjadi larut dan turun melalui punggungku. Lalu aku pun bersabar sedikit di dalam sana, sampai terendam semuanya, baru aku keluar. Dan terkejutlah si keledai ke-2 ini atas pengalaman temannya. Dan iapun berencana akan mengikutinya.
   Akhirnya mereka bertiga pun menemukan sungai yang sangat besar. Dan turunlah si keledai ke-2 yang membawa spon untuk minum dan menenggelamkan bawaannya yang sangat menyiksanya. Maka spon-spon itu pun menyerap air dan menjadi tambah lebih berat. Lalu keluarlah si keledai dengan susah payah dan menyesal akan keadaan ini. Dan ketika si pedagang melihat hal ini, ia pun berkata "Hei keledai bodoh, ketahuilah bahwa apa yang berlaku untuk seseorang, tidak harus berlaku untuk orang lain. Dan sesungguhnya MENJIPLAK tanpa pengetahuan itu sesat dan salah. Dan berapa banyak dari manusia MENJIPLAK apa-apa yang ternyata membahayakan mereka dan mereka tidak mengetahuinya."
   


Waahh..cerita ini adalah pelajaran saya ketika masih di kelas 1 SMA. Banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan ketika saya telah dewasa dari cerita berbahasa arab ini.
Semoga bermanfaat..
Referensi - القراءةالرّشيدة
  


Related Posts

Dongeng - MENJIPLAK buta التَّقْــلِيْدُ الأَعْــمَي
4/ 5
Oleh

8 komentar

Anonymous
January 18, 2013 at 11:08 PM delete

terimakasi sangat bermanfaat sekali,

Reply
avatar
January 21, 2013 at 4:18 PM delete

Terima kasih kembali sudah berkomentar...

Reply
avatar
November 24, 2014 at 7:29 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Anonymous
January 23, 2015 at 4:25 PM delete

bgus crita nya..sy gne untuk tjuk presentation...thnx ye..

Reply
avatar
Anonymous
April 18, 2015 at 3:38 PM delete

Qiraat rasyidah

Reply
avatar
August 19, 2017 at 9:03 PM delete

Izin pakai ceritanya buat tugas ya kak. Makasih

Reply
avatar

Berikan komentar anda..