Saturday, April 28, 2012

Beberapa Tema-tema Menggambar

   Hari sabtu, bisa jadi hari yang sangat ditunggu oleh siswa-siswa Sekolah Dasar. Karena setelah dari hari Senin sampai dengan hari Jum'at, mereka berperang dengan buku pelajaran, memaksimalkan otak kiri di sebagian besar pelajaran, dan di hari Sabtu mereka bisa berkreasi di dalam pelajaran Seni Budaya.

   Namun, saya temukan beberapa guru malah merasakan bahwa hari Sabtu itu hari yang bebas pula bagi mereka. Mereka biasanya hanya menyuruh anak-anaknya menggambar, lagi..lagi..lagi..di setiap minggunya. Padahal pelajaran Seni Budaya ini sangat bermanfaat untuk membuat anak menjadi kreatif. Saya pernah mendengar di Televisi bahwa dengan melatih otak kanan, akan membantu mereka untuk mencari alternatif dalam sebuah masalah, di banding anak-anak yang terbiasa menggunakan otak kirinya yang akan terlalu fokus pada satu cara saja.

   Selain dari materi yang diajarkan dalam pelajaran Seni Budaya, kita bisa mencari berbagai kerajinan dan keterampilan di internet atau buku. Di blog saya ini juga ada beberapa kok. Lihat disini (hehe..iklan dikit) Namun, membuat kerajinan dan keterampilan pun tak bisa kita lakukan setiap minggu. Pasti ada waktunya, bahkan banyak memang waktu disaat anak-anak hanya menggambar di hari Sabtu. Namun, marilah kita beri mereka materi menggambar yang mengasyikkan dan membantu otak kanan mereka berkembang. Bukan hanya menggambar biasa.

   Untuk itu, kita harus dapat menemukan tema menggambar yang tepat untuk mereka. Jangan sampai anak-anak bosan menggambar. Karena menggambar sebenarnya benar-benar melatih otak kanan mereka. Dan anak yang pintar menggambar namun kurang pintar dalam pelajaran, dapat kita pastikan kalau otak kanannya lebih dominan dibanding otak kirinya.

   Berikut ini ada beberapa daftar tema menggambar yang mungkin dapat membantu anda dalam melatih otak kanan siswa:

1. Cita-cita,
2. Bencana alam (misalnya : Gunung meletus, Banjir, Gempa bumi, dll.)
3. Kehidupan laut (hewan-hewan laut),
4. Alat transportasi (bisa dikombinasi atau dipisahkan menjadi : Alat transportasi darat, laut dan udara),
5. Alat elektronik,
6. Kegiatan pramuka,
7. Kegiatan sekolah,
8. Iklan produk (iklan produk-produk di TV, bisa juga dengan cara mereka membawa contohnya dari rumah atau di sekitar sekolah),
9. Iklan pesan sosial (misalnya : Save The Earth, Jagalah Kebersihan, Narkoba, Korupsi, dll.),
10. Profesi pekerjaan (misalnya : Guru, Pilot, Dokter, Sopir, dll.),
11. Batik,
12. Bendera-bendera negara,
13. Alat Musik modern,
14. Alat Musik tradisional,
15. Peta,
16. Kaligrafi,
17. Gambar ilustrasi (gambar yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, misalnya : Berdagang di Pasar, Penjual Makanan, Ibu-ibu Pemetik Teh, dll.)
18. Rumahku,
19. Sekolahku,
20. Gambar nyata (siswa-siswa menggambar di luar dengan menggambar langsung apa yang mereka lihat.)
21. Perkotaan,
22. Pedesaan,
23. Tamasya / Jalan-jalan,
24. Dan lain-lain.

Wahh...cuma ini sementara yang saya ingat, nanti saya lanjutkan deh kalau ada kesempatan.
   
   Memang dalam menerapkannya kepada siswa, siswa sering protes karena mereka pikir itu sulit. Itu hal yang wajar kok. Lalu apa sih makna dari belajar? Belajar adalah proses dari tidak tahu/ tidak bisa menjadi tahu/ bisa. Nahh..tanamkan itu pada siswa-siswa anda, beri sedikit contoh (karena dengan memberi contoh, akan merubah pandangan mereka akan tingkat kesulitannya), dan ajaklah mereka untuk berimajinasi terlebih dahulu dan mengimprovisasikannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Related Posts

Beberapa Tema-tema Menggambar
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..