Kamis, 29 Maret 2012

Dongeng - si Kabayan dan Nangka Tua

   Pada suatu hari, si Kabayan yang kerjaannya males-malesan, ditegor sama mertuanya. 
Umi : "Heh..kabayan..sare wae pagawean maneh teh..!". 
Kabayan : "Yaelah Umiiii...mau ngapain?? Sawah ge baru aja panen!" si Kabayan menyahut. 
Umi : "Heeuuhh...borokokok..maneh mah alasan wae. Tolong Umi lah wae lahh!". 
Kabayan : "Naon Umi??" kata si Kabayan sambil menguap. 
Umi : "Pangngalakeun nangka di kebon tah..ngala nangka-na nu gede jeung geus kolot nya!!"(ngala = metik)

   Berangkat deh dengan sedikit bete si Kabayan ke kebon. Sesampainya di kebon, kabayan langsung mencari buah nangka yang udah tua. Setelah agak lama mencari, ketemu deh nangka yang udah tua. Tapi ketika sudah dipetik, Kabayan baru sadar kalau nangka yang dia petik terlalu besar. Ketika mau di panggul, si Kabayan gak kuat.
"Aiihh...nih nangka berat banget sih..gimana cara bawanya nih!"
Untunglah kebon si Umi ada di samping sungai. Akhirnya Kabayan mempunyai ide untuk menghanyutkannya di sungai.
"Ahh...udah tua ini nih nangka..dihanyutin aja laahh...".
Setelah dihanyutkan, pulang deh si Kabayan ke rumah.

   Setibanya di rumah, Umi langsung nanya ma Kabayan. 
Umi : "heh Kabayan..mana Nangka Umi teh??"
Kabayan : "Laahh..emang belum nyampe mi??" bales si Kabayan kaget.
Umi : "ee..borokokok...lain maneh nu disuruh ngala nangka?" si Umi sengit.
Kabayan : "Tadi teh mi, saya ngambil nangka yang udah tua..terus gede banget. Bingung bawanya, ya saya hanyutin aja di sungai..kan dia udah tua".
Umi : "hadeuuhh..borokokok maneh teehh...lah emang bisa balik sorangan ka imah?? bodo banget maneh Kabayan" si Umi pusing deh..hehe...
Kabayan : "Lah..siapa yang bodoh mi??itu nangka yang bodoh atuh...masa udah tua, ga tahu jalan pulang??"
Umi : $&%^#(*&@)_*(&*^%!@*!)%++_$*@


Terima kasih telah membaca.
Referensi - Buku LKS SD

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...