Sunday, February 19, 2012

Humor - Udah tahu apa belom??

   Suatu hari Nasruddin Hoja diminta oleh pengurus masjid untuk menjadi khatib dalam sebuah acara yang berlangsung selama 2 hari, karena alim ulama yang biasa berkhutbah akan pergi selama 2 pekan. Sebenarnya Nasruddin enggan karena terlalu mendadak, namun ia tak enak menolaknya.
   Singkat cerita, acara pun dimulai dan waktunya tiba bagi Nasruddin untuk berkhutbah. Sebenarnya Nasruddin belum memiliki persiapan apa-apa, karena permintaan ini yang mendadak. Khutbah pun dimulai, ia pun berkata " Para Jama'ah, apakah kalian tahu apa yang akan saya bicarakan dalam khutbah ini?". Maka sontak para jama'ah menjawab "Tentu saja tidak!!" kemudian Nasruddin menutup khutbahnya seraya berkata "Kalau begitu, buat apa saya bicara kepada kalian, kalau kalian tidak tahu apa yang akan saya bicarakan." Nasruddin pun berlalu, sedangkan para jama'ah pun hanya terdiam.
   Esok harinya, Nasruddin pun kembali menjadi khatib. Ia pun naik keatas mimbar, kemudian ia bertanya kembali kepada para Jama'ah "Apakah kalian kali ini tahu apa yang akan saya bicarakan?." Mendengar pertanyaan yang sama, para jama'ah pun tak mau masuk ke lubang yang sama 2 kali. "Tahuuu.." jawab mereka. "Lalu buat apa saya bicara kepada kalian, kalau kalian sudah tahu!" Kemudian ia pun turun dan berlalu.ckckc...
   Para jama'ah pun akhirnya berdiskusi dan sepakat, bila nanti Nasruddin bertanya hal yang sama, sebagian dari mereka akan berkata "tahu" dan sebagian yang lain akan berkata "tidak".
   Keesokan harinya saat Nasruddin naik mimbar lagi, ia pun menanyakan pertanyaan yang sama. "Apakah kalian hari ini tahu apa yang akan saya bicarakan?" Maka sebagian mereka menjawab "tahu" dan sebagian lagi menjawab "tidak tahu". Maka Nasrruddin berkata "Kalau begitu, tolong para Jama'ah yang tahu memberitahukan saudaranya yang belum tahu!" Dan Nasruddin pun turun dari mimbar..hehe..



Referensi - Buku tua di perpus sekolah yang sangat saya ingat. Sedikit dirubah karena aslinya khutbah shalat Jum'at.

Related Posts

Humor - Udah tahu apa belom??
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..