Wednesday, February 15, 2012

Dongeng - Si Petani dan Sang Raja

   
   Suatu hari, seorang petani yang sudah tua sedang menanam sebuah pohon mangga di kebunnya. Seketika itu Raja beserta para pengawalnya tidak sengaja lewat di depan kebun petani tua tadi. "Kenapa kamu menanam pohon mangga itu wahai petani tua, sedangkan kamu tau bahwa kamu tidak akan bisa hidup untuk menikmati hasilnya karena mungkin saja kamu sudah tiada saat pohon itu tumbuh?" tanya sang Raja kepada petani itu. "Tuanku.." Jawab si petani, "Para pendahulu hamba, bapak, kakek dan yang lain telah menanam banyak pohon, dan hamba menikmati buah hasil tanaman mereka. Maka hamba sekarang menanam mereka di masa tua hamba, agar anak-anak dan cucu-cucu hamba dapat menikmati buah mangga yang saya tanam ini".
   Sang Raja senang sekali mendengar jawaban sang petani tadi. Dan ia kemudian menyuruh pengawalnya untuk memberikan si petani tadi uang sebesar seratus ribu dirham sebagai hadiah atas pekerjaannya. Si petani yang pandai ini pun senang bukan main, dan kemudian ia berkata "Tuanku..! Hamba sangat bangga karena hamba mendapatkan hasil dari menanam pohon ini langsung setelah hamba menanamnya". Sang Raja pun semakin senang setelah mendengar kata-kata petani itu dan ia memerintahkan lagi pengawalnya untuk memberi si petani seratus ribu dirham karena jawabannya yang sangat pandai. 
   Sang petani adalah orang yang beruntung karena mendapatkan dua keuntungan dari sang Raja hanya dalam beberapa saat.


Berbuat baiklah tanpa kita berharap imbalan akan apa yang kita tanam. Maka bisa jadi balasan dari perbuatan baik kita lebih besar.

Related Posts

Dongeng - Si Petani dan Sang Raja
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..