Friday, February 3, 2012

Kenapa angin berhembus dari tempat bertekanan tinggi ke rendah?

   Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.
   Dari dulu tuh, saya bingung banget nih sama maksud dari udara bertekanan tinggi atau bertekanan rendah!!kok udara yang bertekanan rendah malah dikunjungi sama angin??apakah yang tekanan rendah itu berarti daerahnya panas??
   Terus, kenapa angin darat itu malam hari, bukan siang??padahal malam kan di laut lebih dingin??aarrrgghh...pusiiingg...

   Langsung aja yah..Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara turun kerena udaranya berkurang. Singkatnya, daerah yang panas itu udaranya cepat memuai, sehingga udaranya berkurang dan membuat tekanan turun. Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas lagi dan naik kembali. Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamanakan konveksi.
   Saat siang hari, matahari memanasi daratan dan lautan, seperti halnya logam dan air, maka daratan (seperti logam) akan lebih cepat menyerap panas dibandingkan lautan (seperti air), akibatnya udara di daratan lebih cepat memuai, dan naik ke angkasa, akibatnya tekanan udara di daratan berkurang.

   Hukum alam berlaku menuju kesetimbangan, udara ”dingin” disekitar nya akan ”menyerbu” menggantikan udara ”panas” yang naik tadi. Atau dengan kata lain, udara yang bertekanan lebih tinggi di lautan, akan mengalir menuju udar yang bertekanan lebih rendah di daratan tadi. Terjadilah angin laut.
    Pada malam hari disaat dingin ”menyelimuti” bumi, seperti halnya logam dan air yang di panaskan tadi, maka daratan lebih cepat menjadi dingin, atau lautan menjadi ”lebih panas” dari daratan. Situasi yang sama terjadi, udara di lautan yang ”panas” akan naik dan digantikan oleh udara yang ”dingin” yang ada di daratan. Terjadilah angin darat.

   Naahhh...tau kan sekarang...


Semoga bermanfaat
Referensi - wikipedia, google

Related Posts

Kenapa angin berhembus dari tempat bertekanan tinggi ke rendah?
4/ 5
Oleh

6 komentar

merinta
January 27, 2013 at 7:54 PM delete

terima kasih atas infonya..(y)

Reply
avatar
January 28, 2013 at 8:00 PM delete

sama-sama...:)
Thanks for ur comment..

Reply
avatar
September 29, 2015 at 2:47 PM delete

Baru ngerti. Guru sd smp dulu kurang didukung alat peraga

Reply
avatar
January 31, 2017 at 11:39 PM delete

Terimah kasih sekarang sya lebih tahu

Reply
avatar
February 6, 2019 at 10:56 PM delete

Terimakasih atas penjelasannya. Sekarang saya sudah paham

Reply
avatar

Berikan komentar anda..