Wednesday, February 1, 2012

Gerakan Anti SOPA PIPA

   Sebagai salah satu pengguna internet dan suka banget copy paste punya orang... hehe..saya ikut mendukung gerakan anti SOPA PIPA. Yaahh..minimal dalam blog saya..hehe..

   Sejak 18 Januari kemarin Google memasang 'lakban' hitam yang menutupi logonya sebagai tanda protes terhadap undang-undang Anti Pembajakan Stop Online Privacy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA). Selain itu Google juga menyertakan sebuah tautan yang mengarahkan para pengguna mesin pencarinya pada sebuah petisi "End Piracy, Not Liberty".
   Undang-undang yang bernama SOPA ( Stop Online Piracy Act ) dan PIPA ( Protect IP Act ) akan mengubah kebiasaan berinternet dengan sangat drastis . Ya...ini memang undang-undang amerika serikat , tetapi mereka adalah negara adidaya yang keputusannya sangat mempengaruhi seluruh dunia . Ratusan situs sudah melakukan blackout dan protes keras terhadap SOPA dan PIPA ( ex: Wikipedia, Wordpress, Reddit, Huffington Post, Google ) .


    Sebenarnya SOPA PIPA ini rencananya akan diberlakukan tanggal 24 Januari kemarin, tapi sampai saat ini ga ada kabarnya lagi. Kalau ini sah , maka yang terjadi :

  1. Tidak ada lagi Download Gratis Software, Film , Video, Musik, dan segala konten yang bersifat gratis karena semua telah dilindungi oleh HAKI yang berporos pada SOPA .
  2. Tidak ada lagi Jejaring Sosial sebagai media berekspresi ( Twitt...er, Facebook, Yahoo Koprol dll) semua akan tumbang . dan kita seperti kembali ke zaman tahun 70'an.
  3.  Tidak ada lagi Jual Beli Bisnis Online yang mengatasnamakan kebebasan berkekspresi di dunia maya dan mendapatkan reward atas hasil .

   
Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan dukungannya untuk melindungi integritas fundamental di Internet. Obama menyerukan perlindungan terhadap kepemilikan kekayaan intelektual dan hak cipta dalam acara pertemuan dengan Google+, Senin pagi, 30 Januari 2012.
    Tapi, kata Obama, perlindungan ini mesti dilakukan sejalan dan konsisten dengan kebebasan di Internet. Pernyataan Obama ini menjawab pertanyaan yang dilontarkan melalui YouTube, yang menanyakan sikapnya atas Rancangan Undang-Undang Stop Online Piracy Act (SOPA). Beleid ini masih tertahan di senat. SOPA dan Protect Intellectual Property Act (PIPA) melahirkan gerakan protes terkoordinasi berupa "Internet blackout" pada pertengahan Januari ini. Intinya Obama mendukung gerakan anti SOPA PIPA.
    Pertemuan Obama dengan Google+ ini adalah titik kulminasi dari pertemuan-pertemuan selama seminggu yang membahas dunia digital, yang berlangsung di Gedung Putih. Dalam acara yang sama, Wakil Presiden Joseph Biden pun tak luput dari pertanyaan-pertanyaan seputar penyensoran Twitter. Banyak pertanyaan seputar SOPA PIPA yang disensor dan dihapus.

   Ayo kawan, tolong berikanlah suara untuk kebebasan kita, satu suara sangat berguna

    Ayo mari kita Dukung Google dalam petisi tolak SOPA dan PIPA
Langsung aja menuju kemari : https://www.google.com/landing/takeaction/
lalu: Isi First Name, Last Name, Email dan Zip Code (isi kode pos kalian) di sidebar Sebelah kanan. Sebarkan juga status ini ke teman2 kalian. Mari Selamatkan Internet!Lihat Selengkapnya di






Referensi - google search

Related Posts

Gerakan Anti SOPA PIPA
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..