Monday, February 27, 2012

Garam Gunung

   Selama ini saya hanya tahu garam dibuat dari air laut. Tapi ketika saya melihat acara TV swasta tadi pagi, baru saya tahu bahwa ada juga garam gunung. Garam dibuat di gunung?? emang ada air asin ya??
   Dari manakah air asin yang membuat garam gunung ini berasal? menurut beberapa sumber, garam gunung ini merupakan hasil endapan air laut beribu bahkan berjuta-juta tahun yang lalu, yang mungkin dulunya bekas sebuah lautan sehingga air yang ada di mata air itu menjadi asin, atau mungkin ada air laut yang mempunyai jalur ke pegunungan?? Wallahu a'lam.. karena belum ada yang bisa menjelaskan hal ini!
   Salah satu yang terkenal adalah garam gunung Himalaya. Bahkan produksi garam gunung Himalaya ini sudah mendunia. Bisa kita jumpai iklannya di internet. Tapi tahukah kalian kalau Indonesia juga memiliki daerah penghasil garam gunung??
   Pa' Nado merupakan salah satu desa di Lokasi Long Midang Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur. Di dataran tinggi inilah kita bisa menemukan garam gunung. Garam gunung di kecamatan Krayan ini sudah ditemukan sejak zaman nenek moyang warga setempat. 

   Setiap harinya, warga setempat bisa memproduksi antara 15 sampai 20 kg. Garam itu kemudian dijual seharga 30.000/kg. Tetapi karena akses yang sulit menuju kota, garam ini lebih sering dijual ke Bandar Lawas, Malaysia. Di Malaysia, garam ini dijual seharga 10 sampai 15 Ringgit dengan Kurs 1 Ringgit kira-kira Rp 2.900,-.
   Terdapat 2 sumur dengan air asin di Pa' Nado ini. Tapi uniknya di sebelah sumur air asin, justru terdapat sungai yang airnya sama sekali tidak asin.
   Sumur air asin ini diklaim bisa menghasilkan garam dengan kualitas yang lebih baik. Garam itu disebut-sebut mempunyai kadar yodium yang tinggi. Bahkan garam gunung Himalaya menurut kabar tidak menyebabkan darah tinggi. Benarkah demikian?? Mending anda coba saja sendiri. hehe..


Allah Maha Kuasa.. 


semoga bermanfaat!
Referensi - TribunTimurnews.

Related Posts

Garam Gunung
4/ 5
Oleh

1 komentar:

August 12, 2015 at 8:49 AM delete

wah...gak nyangka, saya juga baru tahu sekarang

Reply
avatar

Berikan komentar anda..