Friday, January 20, 2012

Benarkah ruh manusia memiliki massa??


They say we all lose 21 grams at the exact moment of our death... everyone.
The weight of a stack of nickels
The weight of a chocolate bar
The weight of a hummingbird...




   Kalimat diatas adalah tagline dari film 21 gram, film hollywood yang diperankan oleh naomi watts dan sean penn. Isi filmnya sendiri sih ga ngebahas mengenai 21 gram, Cuma gaya-gayaan aja. Sejak lama orang percaya bahwa setiap manusia itu punya ruh, dan ruh itu memiliki eksistensi fisik tertentu, tapi gmana ngebuktiinnya?


   Pada tahun 1907, Dr. Duncan Macdougall melakukan penelitian untuk membuktikan hal tersebut. Dia mencoba mengukur berat dari nyawa manusiadengan menggunakan timbangan khusus. Duncan mengumpulkan 6 pasien yang sekarat. Pasiennya ini dipilih sakitnya yang mengakibatkan keletihan hebat, jadi matinya ga banyak gerak, biar lebih gampang ditimbang. Nah pas pasiennya ini meninggal, tiba-tiba jarum timbangannya itu bergerak menurun sebesar tiga perempat ounce (sekitar 21gram).




   Naahh..kalian pernah membaca buku The Last Symbol karya Dan Brown??? Buku itu kan novel ilmiah, meski ceritanya fiksi, namun tempat dalam buku itu, ilmu pengetahuan, penelitian, bahkan sejarahnya berdasarkan kisah nyata. Dalam buku itu diceritakan bahwa setiap ruh manusia memiliki massa ruh. Dikatakan pernah ada penelitian bahwa cara menimbang massa ruh itu, dengan menggunakan alat khusus. Kemudian ada seseorang kakek-kakek yang sudah tua yang akan segera menemui ajalnya yang mengajukan diri untuk penelitian itu. Karena dia mau hidupnya (kematiannya) bermanfaat.


   Alat itu bekerja dengan cara sedikit sadis sih. Yaitu si kakek tadi dimasukkan ke dalam timbangan yang ada ruangan kedap udaranya. Jadi si kakek dimasukkan ke ruang kedap udara gitu, katanya kalau kedap udara baru bisa dihitung berkurangnya berat ruh itu.


   Hhmmm...gimana menurut kalian?? Percaya atau tidak, kita mesti percaya kalau memang ada ruh dalam setiap diri manusia.


Semoga Bermanfaat.

Related Posts

Benarkah ruh manusia memiliki massa??
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..