Tuesday, December 13, 2011

Trem

    Sebagian dari kita pasti dong sudah tahu apa itu trem?? Trem itu makanan khas dari Madiun...Lhoo...hehe..itumah "brem"..hehe..#Garing. Ya..

   Trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota, dengan Trem yang berselang waktu 5-10 menit berangkat, merupakan solusi untuk kemacetan. Trem adalah kereta sebesar bus, yang berjalan di jalan raya. Dengan menggunakan rel tentu saja..seperti di film kungfu hustle itu..trem biasa kita lihat di negara** dengan penduduk yang tidak terlalu padat. Banyak kita temukan di negara** Eropa. Tapi tahukah kamu kalau di Indonesia pernah ada trem??

 



    Trem di Indonesia dulu terdapat di Jakarta dan Surabaya. Trem di Batavia dimulai sejak 1899, trem merupakan kendaraan yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Tapi sebelum ada trem listrik, ada juga trem kuda (1869) disusul dengan trem uap (1881), tanggal 10 April 1899 trem listrik baru mulai beroperasi.

Trem di Jakarta


    Trem di alun-alun Surabaya

       Pada tahun 1937, jumlah armada yang dimiliki untuk melayani seluruh jalur adalah:
    • 42 trem penarik besar
    • 39 trem penarik kecil
    • 23 gerbong bak terbuka
    • 52 gerbong penumpang
       Saat ini masih terdapat trem di Indonesia yang terdapat di Solo. Jalurnya hanya dari Solo - Wonogiri. Tapi ini bukan trem, tetapi railbus (belum tahu juga apa bedanya). Railbus ini baru diluncurkan pada bulan Februari 2011 kemarin. Karena kota Solo yang belum terlalu banyak penduduknya, saya pikir..Luar biasa..kudu diikutin daerah lain. 
       "SOLO", Inilah kota yang memilih mempertahankan transportasi massal ketimbang mengaspal rel kereta api seperti kota lainnya. Tanpa gembar-gembor, Solo menolak mengekor kesalahan Jakarta dalam mengatasi kemacetan. Joko Widodo, walikota Solo, tidak ingin Solo seperti Jakarta yang menderita kerugian Rp 35 triliun per tahun. Ia tidak ingin warganya menjadi tua di jalan (Jiiakakakak...). Dan Solo pun siap mengadakan trem dimasa yang akan mendatang. Amiin..
       
       Heemm..kenapa ya dulu pemerintah menghilangkan trem???padahal kalau tidak di hilangkan, akan sangat berguna dibanding busway..

      Semoga bermanfaat..











    Related Posts

    Trem
    4/ 5
    Oleh

    3 komentar

    Anonymous
    December 14, 2011 at 12:10 PM delete

    =º°˚˚˚°ºнaħaнaº°˚˚˚°º= ,,, garing!
    Iya kenapa ya? Hm... Karena mungkin gak kepikiran kalo jakarta bakal padet kaya sekarang,, huahaha

    Reply
    avatar
    December 14, 2011 at 2:56 PM delete

    hehe..bener juga...coba kalo tau mah...rugi bnget dah...capek2 bikin rel kereta (keringat kerja rodi tuh kali) .eh..malah di aspal...

    Reply
    avatar
    October 4, 2017 at 5:46 PM delete

    Wah sangat lengkap ulasannya sampai sejarahnya juga..
    kebetulan lagi pengen naik, terima kasih sangat membantu

    Salam
    Bunda Umar
    Cream Sari
    Cream Anisa
    Cream Adha

    Reply
    avatar

    Berikan komentar anda..