Minggu, 01 Juli 2012

Bahaya Cacing Pita

   Tau dong kalian kalau Allah telah melarang umat Islam memakan daging babi?? Banyak kita temukan Ayat Al-Qur'an, misalnya :
   Allah berfirman, "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (Al-Maidah: 3).

   Nahh..masih banyak ayat-ayat tentang keharaman makan daging babi. Tapi taukah kamu mengapa??


   Beberapa ilmuwan Barat melalui media koran Inggris menegaskan bahwa mengkonsumsi daging babi dapat
menyebabkan kanker dan penyakit lainnya, sedangkan mengkonsumsi minuman keras dan alkohol akan menjadi penyebab munculnya penyakit Kanker mulut, tenggorokan, dan payudara, dan menyebabkan kanker kelebihan lemak dari rahim, ginjal, itu Menurut majalah Times. 

   Tim Riset dan studi baru-baru ini melakukan peninjauan terhadap 500 ribu penelitian yang telah dipublikasi tentang kanker di seluruh dunia, dan memilih tujuh ribu studi yang paling relevan dengan tema, dan menyusun kembali laporan di dalamnya koleksi penelitian itu. Dan melalui penelitian tersebut mendorong masyarakat untuk menjauhkan diri dari daging babi yang kering dan diawetkan dan meminalisir mengkonsumsi alkohol. Adapun daging babi dapat meningkatkan risiko kanker sekitar 10%.
   Tapi yang paling pasti dan sudah kita ketahui bahwa di dalam daging babi itu tinggal cacing pita. Hiii...geli banget ga siihh...
   Terdapat tiga spesies penting cacing pita Taenia, yaitu Taenia solium, Taenia saginata, dan Taenia asiatica. Ketiga spesies Taenia ini dianggap penting karena dapat menyebabkan penyakit pada manusia, yang dikenal dengan istilah taeniasis dan sistiserkosis

   Cacing pita dewasa Taenia solium.

Proglotid Taenia solium


    Cacing pita dewasa panjangnya bisa mencapai 240-300 cm. Terdiri dari bagian kepala yang memiliki kait-kait kecil dan badannya mengandung 1000 proglotid (bagian yang mengandung telur).
    Siklus hidupnya mirip cacing pita sapi, tapi babi hanya merupakan tuan rumah perantara saja.
    Manusia juga bisa berperan sebagai tuan rumah perantara, dimana telur cacing mencapai lambung bila tertelan atau bila proglotid berbalik dari usus ke lambung. Embrio lalu dilepaskan di dalam lambung dan menembus dinding usus, lalu akan sampai ke otot, organ dalam, otak dan jaringan dibawah kulit, dimana mereka membentuk kista.
    Kista yang hidup hanya menyebabkan reaksi ringan, sedangkan kista yang mati menimbulkan reaksi yang hebat.

Siklus Hidup Taenia solium


   Infeksi oleh cacing dewasa biasanya tidak menyebabkan gejala.
Infeksi yang berat oleh kista bisa menyebabkan nyeri otot, lemah dan demam,
    Bila infeksi sampai ke otak dan selaputnya, bisa menimbulkan peradangan, dan bisa terjadi kejang.


Sumber penularan cacing pita Taenia pada manusia yaitu :
  1. Penderita taeniasis sendiri dimana tinjanya mengandung telur atau segmen tubuh (proglotid) cacing pita. (jadi cacing pita bukan hanya dari hewan saja..bisa jadi dari feses kita)
  2. Hewan, terutama babi dan sapi yang mengandung larva cacing pita (sistisekus).
  3. Makanan, minuman dan lingkungan yang tercemar oleh telur cacing pita.
    Infeksi Cacing Pita Babi adalah infeksi usus yang disebabkan oleh cacing pita dewasa Taenia solium.
    Sistiserkosis
merupakan infeksi yang disebabkan oleh larva dari Taenia solium
   Infeksi ini biasa ditemukan di Asia, Uni Soviet, Eropa Timur dan Amerika Latin. 
   Di Amerika Serikat jarang terjadi, kecuali diantara kaum pendatang dan para pelancong dari daerah beresiko tinggi.
   Ciri-ciri bila anda terkena penyakit akibat cacing pita yaitu pada infeksi cacing dewasa, telur bisa ditemukan disekeliling dubur atau di dalam tinja.
      Ini adalah beberapa eksperimen yang dapat anda cari di youtube dengan kata kunci why muslim don’t eat pork:

  1. Daging babi ditaruh di atas loyang, lalu dituangi Coca Cola sampai terendam benar (kebetulan daging babi di gambar adalah daging asal supermarket)
  2. Biarkan selama 2 jam di suhu ruang.
  3. Anda akan melihat banyaknya cacing yang menggeliat-geliat muncul dari dalam daging babi itu.
babi daging
   Gambar satu lagi di bawah ini adalah yang terekam sebuah kamera khusus mengenai keadaan daging babi masak saat masuk ke lambung manusia. Pada foto ditunjukkan cacing-cacing yang langsung keluar dari daging babi masak (yang berwarna pink itu) dan beramai-ramai merayapi dinding-dinding lambung. Cairan hijau pada foto di bawahnya lagi adalah asam lambung. Ironisnya, asam lambung (yang bertugas membunuh bakteri yang masuk bersama makanan), nampaknya tidak berpengaruh banyak terhadap cacing-cacing yang merayap ini.
babi amit amit

     “Umat Islam tidak memakan babi karena agama mereka mengharamkannya, dan ini adalah kebiasaan yang sehat. Cara makan Barat yang jelek dapat mengundang penyakit, salah satunya karena konsumsi babi. Mungkin saja Muhammad mengharamkan babi karena adanya cacing Trichina. Namun bukankah ilmu pengetahuan pada masanya belum bisa menjangkau hal itu? Justru berabad-abad setelah ajarannya tersebar, ilmu pengetahuan menemukan berbagai bahaya babi”


(Profesor Hans-Heinrich Reckeweg, M.D., ahli toksikologi, Biological Therapy Vol.1 No.2, 1983)


   Subhanallah...Anda masih mau makan daging babi???Kalo saya sih gak pake mikir lagi...NO!!!


Semoga bermanfaat!!
Referensi - Google.com, youtube




  





























Reaksi:

2 komentar:

huuueeekk gambarnyaa ngerii
kunjungi balik silabusrppberkarakter.wordpress.com/

Poskan Komentar

Berikan komentar anda..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...